Rabu, 18 April 2018

Buat pemancar mini pakai tuner radio

Pemancar fm mini dengan tuner radio memang banyak digunakan oleh para hoby briker. Untuk membuat pemancar fm mini pakai tuner radio yang perlu disiapkan adalah Tuner Radio, PCB, Trasistor driver C930, transistor C1970 dan Transistor C1971. untuk memudahkan dalam perakitan pemancar fm mini pakai tuner ini adalah dengan cara membuat pcb sendiri dengan cara di setrika pakai kertas yang sudah difoto copy atau lebih baik lagi dengan di sablon pada pcb nya, yang kemudian tinggal larutkan PCB pemancar fm mini di larutan feri clorida. Nah selanjutnya adalah membuat rangkaian pemancar fm mini dengan menggabungkan tuner dengan komponen - komponen di atas. 
Buat Pemancar mini pakai tuner radio




Nah itulah hasil daripada rakitan pemancar fm tuner. Untuk merakit pemancar fm tuner maka kita harus mengetahui posisi out rf nya terutama pada bagian mana rf signal keluar dari oscilator tuner fm. Biasanya tuner tuner model sakata atau yang sejenisnya mempunyai pin no 5 untuk rf outnya, sedangkan pin 6 adalah untuk in audionya. ingat ya untuk pemancar fm model tuner ini rf outnya menggunakan audio mono karena suara yang dihasilkan juga mono, belum stereo. Untuk membuat pemancar fm mini pakai tuner ini diperlukan kejelian dalam merakit karena komponen sangat banyak. Jika diurutkan dari paling depan maka yang pertama adalah kepala tuner fm, driver C930, driver C930, driver C930 kemudian final C1970 dan C1971. Output yang dihasilkan dari pemancar fm mini tuner dengan final C1971 sebesar 7-10 Watt. sedangkan jangkauan tergantung pada tinggi antena dan keramaian frekuensi serta medan atau tempat. Pemancar fm mini tuner ini hanya disuply dengan tegangan antara 12 - 13 volt saja. Sedangkan arus yang dibutuhkan dalam pemancar fm ini sangatlah sedikit hanya sekitar 5 Ampere saja sudah kuat. Untuk lebih ringan dan praktisnya untuk mensuply pemancar mini kita menggunakan switching saja dan tidak usah menggunakan trafo, karena switching sudah searah arusnya disamping itu juga ringan, sedangkan trafo sangatlah berat dan harus membuat penyearah lagi. Sedangkan untuk mengukur sinyal yang keluar dari pemancar fm mini ini kita menggunakan SWR / standing wave ratio agar lebih akurat daya yang dikeluarkan, maka pakailah swr yang standar seperti SWR Daiwa, SWR Diamond atau yang sejenisnya. tentunya dengan harga swr yang mahal maka akan didapatkan hasil daya pemancar fm mini yang lebih baik juga. 
Adapun kelebihan dalam pemancar fm mini model analog seperti ini adalah kita mudah geser frekuensinya tinggal putar saja ke kanan atau kekiri, namun kelemahan dari pemancar fm ini adalah belum PLL , jadi jika anda ingin membuat pemancar itu menjadi lebih stabil dan tidak gesar geser frekuensinya maka gunakanlah pemancar FM odel PLL. di bagian lain sudah saya bahas pemancar fm sistem PLL. Jika anda tertarik dengan pemancar model ini anda bisa pesan dari kami dengan menghubungi nomor telpon / hp di sms / Wa. 081542454241

Tidak ada komentar:

Posting Komentar