Jumat, 23 November 2018

Pemancar FM PLL DIPSWITCH 1 WATT dengan Boster C1971

Pada postingan pemancar fm kali ini penulis akan membuat mencoba untuk menerangkan tentang pemancar fm model PLL dipswitc dengan daya 1 watt di berikan boster memakai transistor C1971. Pemancar fm ini menggunakan transistro TC9122, CD4060 dan CD4046 serta LB3500. Untuk membuat pemancar fm ini menggunakan oscilator model koker yang dikendalikan dengan menggunakan PLL artinya frekuensinya bisa terkunci dan tidak bergeser geser. Modulasi dari pemancar fm ini juga sangat bagus dan sangat lantang walaupun pemancar fm ini masih mono dan untuk menjadikan stereo tinggal menambahkan stereocoder saja. Ada beberapa hal yang perlu ditambahkan selain PLL ini yaitu boster pemancar fm. Karena PLL ini masih berdaya 1 watt maka perlu diboster memakai C1971 agar dapat keluar sebesar 10 watt.
Adapun gambar kit pemancar 1 watt model PLL adalah sebagai berikut :



Kit pemancar di atas masih menggunakan transistor C1970 yang berdaya 1 watt, namun tidak masalah, jika ingin memperbesar maka dapat menggunakan boster pemancar fm dengan C1971. Adapun gambar bosternya dapat dilihat pada gambar di bawah ini :




Gambar boster di atas sudah jelas bahwa untuk menyesuaikan frekuensi dari 82-110 MHz diperlukan 3 buah trimer senilai 40 pf. selain itu model kit seperti ini juga sudah banyak diminati oleh para briker fm khususnya difrekuensi bawah 88 MHz. Sedangkan untuk memancarkan sinyal fm, maka diperlukan sebuah antena pemancar fm, salah satu bentuk antena yang mudah dibuat matchingnya adalah antena groundplane. berikut penampkan antena groundplanenya.

 
Antena groundplane tersebut mempunyai sirip 4 buah dan satu iner ke atas. panjang sirip dapat dihitung dengan menggunakan rumus 1/4 lamda. dan iner yang menjulang ke atas dapat ditentukan dengan menggunakan rumus 5/8 lamda atau 5/8 panjang gelombang 
Jika sudah di box maka aka menjasi 






Apabilan anda membutuhkan pemancar model ini silahkan call/wa/sms. 
HP. WA. 0815-4245-4241
(Hari Cahyanta)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar