Sabtu, 12 Juli 2014

Pemancar FM Komunitas dengan PLL Rapasralock modif...

Bagi yang suka elektronika, pemancar memanglah gampang-gampang susah untuk dibuat. Saya bilang gampang karena memang setelah tahu triknya maka sangatlah mudah, tetapi sy bilang susah, krn memang ada yang membuat sudah jadi..eh...tahu tahu nyeplet TV atau mungkin daya pancar tidak jauh, atau berdengung atau mungkin juga ada masalah-masalah lain seperti desis bahkan ada juga yang sampai tidak bisa mancar. Rata-rata pemula dalam membuat pemancar biasanya hanya menggunakan lampu sinyal atau multi tester untuk mengetahui kekuatan sinyalnya. Nah pada kesempatan kali ini saya akan membicarakan pemancar FM PLL Rapasralock yang sudah saya rakit beserta Encoder Stereonya dan disertai Switching sebagai catu dayanya. 

Pemancar FM 87,5 - 108 MHz dengan Sistem PLL ( Phase Locked Loop) dan STEREO CODER
Dengan sistem ini maka secara otomatis setelah pemancar dihidupkan maka frekuensinya akan lock atau terkunci. Nah dengan sistem ini dapat digunakan untuk menghindari gelombang yang lari...maksudnya gelombang yang geser, artinya jika anda sudah menggunakan pemancar fm ini maka pemancar anda tidak akan geser. misal sudah kita set di frekuensi 88,2 MHz ya frekuensinya tetap. Nah sekarang bagaimana caranya jika kita ingin memindah frekuensi. Cara memindah frekuensi sangatlah mudah, cukup pemancarnya dimatikan kemudian dirangkaian ada saklar dipswitch, nah disitu bisa kita ubah on-off nya, ada petunjuknya untuk mengubahnya.


Gambar diatas adalah gambar pemancar fm dengan sistem PLL, sedangkan yang bawah adalah stereo coder, untuk membuat agak pemancar fm bisa stereo...

Selamat mencoba semoga manfaat

Hari Cahyanta
HP. 0815 42 45 42 41
pin BB :52C71752

    

2 komentar: